Mengintip Inovasi si Negara Kincir Angin, Mematahkan Batas, dan Membangun Negeri Tercinta

Long time no see kawan-kawan!

Tidak jemu-jemunya deh saya terus menulis motivasi-motivasi yang terus membuat kita memiliki mindset positif. Kenapa? Soalnya negeri kita ini masih kelebihan yang namanya insan “putus asa” , pragmatis, ataupun “membatasi kemampuan diri sendiri”(>_<).

 Well, kali ini saya mau cerita soal negara Belanda yang dikenal si negara kincir angin, yang gemar berinovasi. Setelah melakukan “interogasi” dengan teman baik penulis yang pernah ke Belanda (ciee), penulis baru dapat pencerahan untuk membuat artikel ini. Dan waw ceritanya tidak kalah seru, man! Dan pastinya, terus menginspirasi penulis terus sayang sama Indonesia dan berkomitmen untuk setia bangsa dan negara Indonesia (dan semoga teman-teman juga,he).

Belanda berada dalam kondisi tidak menguntungkan..Posisi Belanda secara geografis tidaklah menguntungkan. Dataran Belanda merupakan bagian dataran delta dari tiga sungai utama di benua Eropa. Tentu saja dengan kondisi demikian Belanda akan “kelebihan” air. Pada 120 abad lamanya, sungai Rhyne, Meuse, dan Belgian Schelde terus menggerus dataran Belanda menjadi tepian berpasir yang memanjang. Keadaan geografi ini menjadi persoalan serius bagi masyarakat Belanda. Beberapa daerah telah tergenang akibat pasang surut Laut Utara. Belum lagi ancaman pemanasan global yang ikut memberikan kontribusi terhadap kenaikan permukaan air laut. Akibatnya negara Belanda bisa saja tergenang oleh permukaan air laut dan hanya menjadi cerita masa lalu saja.

Belanda belajar dari keterbatasan dan keterbatasanlah awal tonggak Belanda untuk meraih potensi baru negeri mereka.

Langkah inovasi pun harus segera dilakukan. Pada awal abad 19 kemudian dibangun polder system dimana lahan yang terlindungi dari ketinggian permukaan tanah yang lebih rendah dari level ketinggian air. Ide awalnya adalah simple polder yang membentangi Rotterdam, The Hague, Amsterdam, dan Utrecht yang lebih dikenal dengan nama Green Heart of Holland. Tidak hanya sampai disitu, ide yang mengejutkan pun diutarakan yaitu Modern Polder sebagai Water Project, yaitu dengan melakukan manajemen air yang melimpah baik dari laut maupun sungai. Tujuan Water Project adalah memberikan ruang terhadap sungai dengan memperdalam dan memperlebar sungai untuk digunakan keperluan agrikultur. Prinsipnya, membuat polder di sisi sungai atau laut yang level ketinggian air lebih tinggi daripada permukaan daratan. Kincir angin pun dinovasikan sehingga dimanfaatkan tidak hanya untuk pembangkit listrik namun sebagai bagian dari water management. Pada akhirnya bukan memandang air sebagai musibah tetapi sebagai hadiah (penyumbang lebih dari 70% Pendapatan Bruto Negara Belanda) dimana  sebagian lahannya berada 7 meter dibawah permukaan laut (wow). Indonesia dapat melakukan hal yang sama, bahkan lebih luarbiasa..

Memang banyak sekali sejuta masalah yang dihadapi Indonesia saat ini. Tetapi bukanlah alasan untuk kita tidak terus berbenah diri.

 Gambar diatas mungkin sedikit menyindir bagaimana Indonesia yang justru mempersempit lahannya padahal pemanasan global juga dialami negeri tercinta. Cerita diatas bukanlah kebanggaan penulis tentang uniknya negara Belanda tetapi merupakan ujung tombak kekuatan kita untuk terus berinovasi. Apabila alasan untuk berinovasi terus ditunda karena A,B,C, dan seterusnya kita tidak akan maju-maju kawan.

You need going to outbox ,man..Break Our Limit and Build our Country!

Jadikan keterbatasan itu bukanlah sebagai penghalang, tetapi jadikanlah sebagai kelebihan, kelebihan untuk terus berinovasi dan berupaya sepenuhnya bagi negeri kita tercinta n_n.

About these ads

22 thoughts on “Mengintip Inovasi si Negara Kincir Angin, Mematahkan Batas, dan Membangun Negeri Tercinta

  1. ilmiah nih tulisan…
    sebagai sebuah motivasi, bahasa ilmiah kadang jarang terlalu dibeberkan secara detail..
    walau bagus bagi para intelektual, tapi terkadang menjemukan.
    ada bagusnya kalau lebih ditambahi dengan kata bijak dari berbagai sumber..hehe.
    oke. selamat menulis inspirasi masa kini…

  2. Cerita yang bagus dari sejarah negara Belanda, sy juga pernah studi kasus bagaimana Belanda sangat wise dengan pengadaan kincir anginnya untuk pembangkit listrik sehingga meminimalkan penggunaan sumber daya Fosil. dan tentunya lebih go green. ^_^

    tulisan ini bagus kalo dibuat semacam karya ilmiah. kalau bisa menemukan solusi kreatif berkaca dari Inovasi di Belanda untuk “menyelamatkan” negaranya. dengan memanfaatkan sumber daya yang melimpah ruah di Indonesia, contohnya laut.
    sengaja saya tidak bilang “keterbatasan”, karena sumber daya kita sangat kaya raya. :)

    tinggal bagaimana mengatasi generasi bangsa yang cenderung sering “galau”. hehe

    • bentuk “galau”nya itu sering dalam bentuk semacam “batas” yang sebetulnya bisa ditiadakan apabila benar-benar punya keinginan untuk mengubah mindset..
      kalau program mindset nya masih “galau”, jika dihadapkan dengan situasi seperti Belanda pasti cuma berubah dari “galau ” menjadi sangat “galau” :D
      Mengawali berpikir positif itulah kunci dari awal bisa kreatif dan berinovasi..:D
      Terimakasih ya mz Nuruddin..komentarnya yang keren :D

  3. sudah menarik tulisannya, tapi kalau dari segi bahasa terlalu baku kalo menurut saya… mungkin menggunakan bahasa sehari-sehari dengan unsur narasi akan lebih menarik untuk dibaca kaum awam

  4. Sedikit mengutip dari kata2 mbk @dfebriana, “Jadikan keterbatasan itu bukanlah sebagai penghalang, tetapi jadikanlah sebagai kelebihan, kelebihan untuk terus berinovasi dan berupaya sepenuhnya bagi negeri kita tercinta”

    Like This ;)

  5. motivasi yang bukan hanya membuat ingin lebih tetapi menyindir diri sendiri, betapa negara yang kaya tetapi merasa miskin karena sudah puas dengan keaadannya, semoga dengan tulisan2 motivasi seperti ini, mind set orang indonesia dapat lebih daripada ini, MERDEKA!!!

  6. artikel ini baik dibaca oleh kaum intelektual, kurang pas jika dibaca pelajar atau umumnya masyarakat awam yang masih belum tahu apa itu simple polder dan kata2 populer lainnya. mungkin jika perlu diberi arti misal (…) atau dengan kata2 lain. idenya sudah lumayan bagus bak,, semangat menulis!

  7. Saya tdak puas setelah membaca ini.. karena masih ada Informasi yang hilang.. saya baca “polder system dimana lahan yang terlindungi dari ketinggian permukaan tanah yang lebih rendah dari level ketinggian air” dan masih belum bisa membayangkan polder system.. *untung ada gambarnya.. ternyata secara simle polder system itu bendungan yang melindungi belanda dari genangan air..

  8. Saya tidak puass dengan tulisan ini.. Ada informasi yang hilang didalamnya. seperti “polder system dimana lahan yang terlindungi dari ketinggian permukaan tanah yang lebih rendah dari level ketinggian air” saya baca berulang2 dan gak faham.. *untung ada gambarnya..

  9. Baru kali ini aku ngomentari blog orang, biasanya setan, hahaha
    Keren nih blog, luas juga wawasannya, tapi kata kata yang dipake masih terlalu baku kal ditujuinnya sama sesama muda mudi, lebih memasyarakat lagi ya penggunaan kata katanya, terima kasih. :)

  10. A good information.new news for me.
    Sudah saatnya setiap orang di negeri ini berpikir dan bertindak bagaimana memajukan Negeri ini. Terlalu banyak potensi yang masih menganggur dan sia-sia di sekitar kita. Ayo Bergerak dan Bekerja untuk menjadi bagian dari Perubahan Negeri ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s