Wejangan #1 “Pak Rouf Inside” di sela-sela kuliah..

Well, I’m comin’ back.. Hehe, setelah sekian lama seperti menghilang di dunia blog..😛
Alasan utama karena saya masih belajar WP, hehehe, ternyata cukup menyita waktu juga ya, untuk ukuran kelas beginner macam saya..:)

Kali ini saya cuma mau ngajukan pertanyaan simpel ,
Pertama,  kenapa ya elektron proton dan netron bisa tetap stay cool dengan posisinya ya? Padahal elektron itu kan negatif , dan proton positif. Kenapa ya dengan model atom Rutherford yang katanya memiliki orbital-orbital seperti gambar dibawah ini, si proton dengan tidak serta merta bertemu dengan elektron?


 Coba lihat juga contoh ini deh, lihatlah  atom disamping kanan ini,

Jika unsur oksigen disini memiliki 8 elektron dengan susunan stabil paling maksimum (yaitu memiliki 16 proton). Can you imagine how protons (notabene muatannya positif -positif lho, yang harusnya tolak-menolak ) taking same place in nuclei? Uh huh…hayo siapa yang bisa jawab??

Satu pertanyaan lagi, kenapa kok elektron akan susah sekali bersama-sama proton didalam inti?  Kok malah proton dan netron yang bisa??

Penasaran kan??

Hmm…sementara yang bisa dibagi ni dulu deh , yang jelas jika seandainya kita semua itu fisikawan (maunya) , mungkin ga akan ada deh namanya yang mau minta gedung baru, gaji yang lebih layak daripada yang lain, lha wong bagian terkecil dari atom aja menuruti aturan Heisenberg, kenapa yang manusia harus menuntut lebih dari itu??

continued in part II..

05-03-2012 with Oshi-kun sambil terngiang-ngiang nasihat luar biasa dari pak Rouf :))
daripada ngelantur lebih jauh, pamit dulu yak, monggo kalau dah punya jawaban silakan komen disini, I’ll be back with the answer soon…😀😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s