SP part I: Stream Current of Self Potential (Asal Terjadinya Arus Alami di Bawah Permukaan Bumi)

Kalau mbicarain  bumi ga ada matinya ya! Swear deh! Kalau tau segala hal tentang bumi , penulis kasih 4 jempol! Mulai dari berbagai makhluk yang hidup didunia, termasuk 1 makhluk tolol yang ingin jadi insan bermanfaat ini (hahaha).

Pada kesempatan kali ini, penulis mau nyoba maparin materi kuliah tadi pagi (eh jangan tidur dulu!, belum cerita neh :P)

Self Potential atau nama bekennya di Indonesia “Potensial Diri” , merupakan salah satu metode pasif dalam bidang geofisika. Kok disebut pasif kenapa hayo? Soalnya kita cukup mengukur aja, yang diukur apa? Tentu saja yang diukur listrik yang muncul dari bawah permukaan bumi. Sebabnya karena adanya “thermoelectric and or electrokinetic coupling processing“. Jamin deh kalau baca bahasa ini pasti otaknya guling-guling + bingung (eh nggak ya?? hahaha so pasti lah pembaca kan penulis doain selalu lebih pinter deh, amin ^^)

Kronologisnya bisa seperti gambar di bawah ini nih..

Ada sebongkah sulfida yang berada dibawah permukaan bumi dan memiliki kontak dengan fluida ( misal nih, air atau fluida bentuk cair lainnya) kemudian memiliki potensial didalamnya. Potensial ini asalnya dari aktivitas bioelektrik pada pembusukan vegetasi atau berasal dari kenaikan suhu fluida yang menyebabkan pressure sehingga terjadi perpindahan elektron. Disebut  stream karena adanya aliran air tanah. Aliran air tanah menyebabkan terdifusi secara perlahan-lahan dan potensial electrolytic mineral dalam  air tanah. Besarnya berapa? Menurut pak Telford nih, nilainya cukup besar namun kurang dari 100 mV.

Mungkin itu dulu ya , yang bisa penulis share.. Kebetulan aja tadi pagi kepikiran buat bagi-bagi ilmu yang didapet pas kuliah tadi. Happy enjoy learning  aja yaah (dan tunggu part selanjutnya :D)..

Sampai ketemu lagi! n_n

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s